Profil


    TAAM (Taman Anak Usia Dini) /RA (Raudhatul Athfal) Assakinah adalah salah satu unit dari Madrasah Assakinah yang berdiri pada tahun 2008. TAAM/RA merupakan jenjang Pendidikan Anak Usia Dini untuk anak 3-5 tahun pada Pendidikan formal di Indonesia, pengelolaannya dilakukan oleh Kementrian Agama. Santri TAAM/RA Assakinah dididik dan diajarkan untuk menjadi santri yang berprestasi, mandiri, terampil dan berkarakter Islami melalui Pendidikan berbasis SATF (Siddiq Amanah Tabligh dan Fatonah).   
    Sehingga dengan sistem dan pembiasaan pembelajaran tersebut, harapan untuk santri RA Assakinah adalah santri siap secara fisik (kematangan perkembangan motorik/ kordinasi mata dan tangan) dan psikologis yang meliputi kesiapan (emosi, sosial dan intelektual), mampu mengenal berbagai macam symbol untuk huruf, angka, gambar kata-kata yang digunakan untuk menyebutkan suatu benda, berpikir secara kritis, menggunakan penalaran walaupun masih sederhana dalam memecahkan masalah, mampu berkonsentrasi dan memiliki daya ingat yang baik sehingga dapat mengikuti pelajaran dengan lancar untuk memasuki jenjang Pendidikan Dasar.


    Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Kementrian Agama yang juga dipadukan dengan kurikulum khas Yayasan Assakinah.
    Untuk Model pembelajaran yang digunakan di TAAM RA Assakinah adalah model pembelajaran sistem Sentra/BCCT (Beyond Center and Circle Time), untuk sentra yang digunakan antara lain: 
  • Sentra Imtaq
  • Sentra Bahan Alam
  • Sentra Seni
  • Sentra Persiapan
  • Sentra Main Peran, dan 
  • Sentra Balok.
    Adapun program lain yang digunakan seperti program Vocab Time, TTQ dengan metode Tilawati dan program pendukung lainnya seperti outing class, moving class, event luar, Manasik haji, berenang dll.



  • Tahfidz
  • Angklung
  • Menari dan
  • Futsal. 



  • Tilawati jilid 2
  • Hafal 19 doa Harian
  • Hafal 17 surat pendek
  • Hafal 14 Hadits praktis
  • Pembiasaan Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan pembiasaan Bersih, Rapih Tertib dan Teratur (BRTT)
  • Mempraktekkan wudhu dan Shalat
  • Mempraktekan kalimat Thayyibah
  • Mengenal Asmaul Husna
  • Mengenal kisah kisah Islami
  • Anak dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungannya
  • Anak memiliki kemampuan bahasa,kognitif, fisik dan motorik yang sesuai dengan tingkat perkembangan