![](https://ra.madrasahassakinah.sch.id/wp-content/uploads/2024/12/Konsep-Pendidikan-03-1024x1024.webp)
- Tauhid
- Jujur
- Ketenangan hati
- Sabar yang droduktif dan dinamis
- Penuh kesyukuran
- Selalu ingin yang halal
- Teguh pada prinsip
- Adil
- Menepati janji dan komitmen
- Dapat diandalkan untuk mengemban amanah
- Keterbukaan
- Kemandirian
- Kesehatan jiwa dan fisik
- Bertanggungjawab
- Visi yang jelas
- Misi dan tujuan bersama
- Jawami'ul Kalim
- Memimpin dengan keteladanan
- Memotivasi dan menginspirasi
- Peduli nda perhatian
- Kerjasama tim
- Berilmu dan cinta belajar
- Itqan dan fokus pada kualitas
- Strategis penuh taktis
- Musyawarah
- Pandai mengatur waktu
- Tawakkal
- Evaluasi dan perbaikan terus menerus
Madrasah Assakinah berpegang teguh pada prinsip bahwa pendidikan tidak hanya sebatas transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter yang mulia. Dengan menjadikan teladan Akhlak Rasulullah SAW sebagai core values, kami berupaya mencetak generasi emas bangsa yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Kami mengadopsi pendekatan pendidikan holistik yang mengintegrasikan aspek spiritual, intelektual, sosial, dan emosional. Melalui pembelajaran Al-Quran, pembiasaan ibadah, dan berbagai kegiatan positif lainnya, siswa diajak untuk mengenal dan mengamalkan nilai-nilai keislaman.
Konsep pendidikan SATF (Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathonah) menjadi landasan utama dalam membentuk karakter siswa. Melalui berbagai program dan kegiatan, siswa dilatih untuk menjadi pribadi yang jujur, amanah, menyampaikan kebenaran, dan cerdas. Untuk mewujudkan konsep SATF, kami menerapkan konsep tarbiyah (belajar mengetahui) dan riyadhah (belajar melakukan, menjadi, dan hidup bersama). Tarbiyah dilakukan melalui pemberian pengetahuan agama dan umum, sedangkan riyadhah dilakukan melalui pembiasaan, pelatihan, dan proyek-proyek kebaikan.
Kami secara berkala melakukan evaluasi terhadap program pendidikan karakter untuk memastikan keberhasilannya. Selain itu, kami juga terus mengembangkan program-program baru untuk memenuhi kebutuhan siswa dan tuntutan zaman.